Apa itu Open Minded?

Open Minded Indonesia

Pernah tidak kamu ngobrol dengan orang tentang satu topik yang kamu rasa biasa saja, tapi buat orang itu sesuatu yang aneh. Misalnya ngobrolin tentang kalajengking goreng yang lagi populer jepang. Tiba-tiba orang yang kamu ajak ngobrol malah merasa jijik, takut, lalu ingir cepat-cepat ganti topik pembicaraan. Orang yang kamu ajak ngobrol tentang musik dangdut dia langsung mencak-mencak bilang kamu kampungan. Lalu kalau diajak ngobrol tentang death metal langsung mengaitkan kamu dengan setan!

Sebaliknya, kamu pernah ngobrol dengan seseorang yang kamu sangat nyaman ngobrol tentang apapun: dari musik yang aneh, makanan aneh, bahkan sampai seks dan dia tidak merasa ada yang terlalu aneh? Malah pembicaraan jadi semakin menarik!

Orang-orang tipe kedua ini  orang yang menarik. Apa yang membuat mereka menarik? Mereka nyaman membicarakan hal apapun. Karena mereka tidak pernah menutup pikiran mereka dari ide-ide baru. Mereka menerima ide-ide baru, hal-hal konyol yang mereka sendiri kadang sulit untuk percayai, namun mereka punya prinsip, jadi biarpun mereka terima hal-hal baru mereka tidak gampang juga untuk terpengaruh.

Inilah yang disebut dengan Open Minded.

“Seseorang yang memiliki pikiran terbuka adalah orang yang dapat menerima ide-ide atau informasi baru”.

Keterbukaan pikiran kita untuk menerima sesuatu yang baru dari luar batas toleransi pengertian kita menandakan kalau kita mampu untuk membuka diri kita terhadap apapun yang bisa saja menggoyangkan prinsip kita. Seperti yang kita ketahui, tidak gampang menerima suatu prinsip dari luar sana yang berbeda bahkan bertentangan dengan prinsip dasar berpikir yang sudah kita punya.

Keterbukaan pikiran juga sebuah ukuran seberapa besar toleransi dan fleksibilitas kita untuk memahami pemikiran orang lain. Atau dengan kata lain memandang dari sudut pandang orang lain. Satu hal yang harus diingat: memahami itu tidak harus menyetujui.

Ide dan pemikiran yang kita terima tidak hanya dari orang lain saja. Bisa juga dari sesuatu yang kita sendiri temui sehari-hari. Mengalami suatu pengalaman memiliki rasa penasaran untuk tau lebih lagi.

Kita tinggal di dunia yang berubah terus secara konstan. Supaya bisa ngikutin, kita harus membuka diri untuk pengalaman-pengalaman baru dan cara baru untuk melihat sesuatu. Coba lihat teknologi sekarang, kalau kita tidak up to date tentang internet, hp, ipod, blackberry, iphone, kita akan ketinggalan tentang hal-hal menyenangkan. Up to date bukan berarti harus beli hp keluaran terakhir, atau harus punya iphone. Paling tidak kamu sadar keberadaan barang-barang yang tadinya unik ini. Yang tadinya hanya trend teknologi, sekarang sudah jadi trend fashion. Baru tau kah?

Orang yang punya pikiran terbuka (Open Minded) adalah orang yang bersedia mengubah sudut pandang mereka ketika dihadapkan dengan suatu fakta dan bukti. Dan orang yang tidak bersedia menyesuaikan cara pandang dan terlalu mempertahankan prinsip (idealis) akan merasa kurang puas, belum lagi merasa bosan.

Kalau kita membatasi diri hanya dengan apa yang sudah kita ketahui dan merasa nyaman cukup dengan apa yang ada, lama kelamaan akanketinggalan dan frustasi.

Intinya, terbukalah pada hal-hal baru supaya kamu tidak panik duluan pas dengar topik baru, tidak merasa aneh, tidak  merasa tabu, supaya kamu nyaman ngobrol dengan siapapun cewe, cowo, orang tua, anak kecil. Dan sebaiknya orang lain pun bakal nyaman di dekat kamu. Ujung-ujungnya mereka bakal merasa KAMU MENARIK! dan tentunya dengan berpikir terbuka juga akan berpengaruh positif terhadap segala aspek kehidupan kamu. Open Your Mind with Us !

One thought on “Apa itu Open Minded?

Add yours

  1. Misalkan teman saya mengatakan kalau dirinya open minded. Lalu suatu ketika saya menyampaikan suatu pendapat saya dari hasil berpikir saya sendiri dan si teman itu bilang, “Dih kamu gak tahu teorinya kok malah main cocoklogi aja, belajar dulu sana biar gak jadi bego.” padahal saya hanya berpendapat sesuai dengan apa yang saya ketahui.

    Pertanyaannya adalah, apakah orang seperti itu open mind? Apakah orang yang open mind itu wajar jika merendahkan pendapat orang lain meski pendapat orang itu konyol atau salah?

    Terima kasih.

    Like

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑